Senin, 05 Mei 2014

kebudayaan "shichi-go-san"


Konnichiwa Mina san, di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Shichi-Go-San" yang dirayakan 15 November.

Shichi-Go-San (7-5-3) merupakan hari perayaan untuk anak perempuan berumur 3 atau 7 tahun dan anak laki-laki berumur 3 atau 5 tahun. Pada hari ini atau akhir pekan terdekat, anak-anak yang dirayakan beserta para orang tua mereka mengunjungi kuil Shinto.

Anak perempuan dan laki-laki berusia 3 tahun mengikuti upacara "Kamioki" yang menandai mulai dipanjangkannya rambut anak setelah sebelumnya selalu dicukur habis.
Anak laki-laki usia 5 tahun mengikuti upacara "Hakama gi" yang merupakan saat pertama kalinya anak mulai memaka "Hakama" da "Haori".
Anak perempuan mengikuti upacara "Obitoki Himo-toshi" yang menandai pergantian dari kimono anak-anak yang biasa mereka pakai menjadi kimono seperti yang digunakan orang dewasa.
Makanan khas pada hari ini adalah "Chitose ame" yang dibungkus dalam sebuah tas dengan dekorasi kura-kura dan burung bangau sebagai perlambang umur panjang.

Sekian Sekilas Jepang kali ini, semoga pengetahuan kita tentang kebudayaan Jepang semakin bertambah. Sampai bertemu di kesmpatan berikutnya. Arigatou~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar